Search Al Quran Here / Cari Al Quran di sini

http://www.quranexplorer.com/quran/

Search This Blog

AlQuran

AlQuran
Tafsir Per Kata

Wednesday, July 5, 2017

KELEBIHAN SELAWAT ADZHIMIAH
Besar sekali khasiat dari Selawat‘ Adzhimiah ini. Dalam Kitab Jami’ul Karamati Auliya’ Juz 1. Halaman 349. Diceritakan bahwa ada salah seorang dari penduduk Kasyf hendak bertakziyah memberikan penghormatan terakhir kepada salah satu murid Syaikh Ahmad Ibni Idris, (Pengasas Tareqah Ahmadiah Idrisiyah dan juga pengarang Sholawat Azhimiah ini). Murid tersebut meninggal di tanah Makkah al Mukarramah dan akan disemayamkan di pemakaman Ma’ala.
Lelaki (pelawat) penduduk Kasyf tersebut melihat Malaikat Izra’il AS, datang dengan membawa permadani dan lampu dari syurga lantas masuk kedalam liang lahat murid tersebut.
Terlihat jelas dimatanya, kuburan yang asalnya sempit tiba-tiba menjadi sangat luas, seluas mata memandang. dan cahaya terlihat terang benderang. Kemudian malaikat Izrail mengangkat mayat murid tersebut dan meletakkannya diatas permaidani yang di bawanya dari surga itu.
Seketika, pemuda pelawat dari Kasyf merasa heran dan bertanya-tanya dalam hatinya terhadap kejadian yang menghairankan itu. Dalam batin, ia sangat mendambakan saat kematianya dapat mengalami hal serupa seperti murid Syaikh Ahmad Ibni Idris yang baru saja dilihatnya.
Tidak lama setelah itu, sambil berbicara sendiri, Malaikat Izrail AS, menolah ke arahya dan berkata “Hai Ibnu Adam! Barang siapa yang membaca Selawat Adzhimiah ini, maka Allahﷻ pasti akan diberikan kemuliaan (keramat) seperti mayat (murid) ini karena Keagungan dan kekeramatan Selawat ‘Adzhimiah”.
Dari kisah di atas, jelaslah bagi kita mengenai manfaat dari membaca Selawat terhadap Baginda Nabi Muhammad ﷺ.
Semoga dengan memperbanyak membaca selawat nabi kita kelak akan digolongkan sebagai orang-orang yang mencintai nabi Muhammad ﷺ dan bersama dengan beliau Rasulullah ﷺ dan semoga Allahﷻ memuliakan kita baik di dunia maupun di akhirat. Semoga Allohﷻ berkenan memberikan keistimewaan dan keajaiban saat kita masih hidup dan sesudah mati. Amin ya Rabbal ‘Alamin.

Inilah bacaan Selawat Adzhimiah.
بسم اللـه الرحمن الرحيم
اَللّـهُمَّ إِنِى أَسْئَلُكَ بِـنُوْرِ وَجْهِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ اَلَّــذِىْ مَلَاءَ أَرْكَانِ عَرْشِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ وَقَــامَتْ بِهِ عَوَالِمُ الْعَظِيْمِ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَـا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ بِــقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَــفَسٍ عَدَدَ مَا فِى عِـلْمِ اللـّهِ الْعَظِيْمِ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللّـهِ الْعَظِيْمِ تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَامَوْلَانَا يَامُحَمَّدٌ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى أَلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ وَاجْمَعْ بَــيْنِى وَبَــيْنَهُ كَمَا جَـمَعْتَ بَــيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّــفْسِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَــقْـظَةً وَمَــنَامًا وَاجْعَلْهُ يَارَبَّ رُوْحًا لِــذَّاتِى مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فِى الدُّنْــيَا وَالْآخِرَةِ يَاعَظِيْمِ

No comments:

Post a Comment