Search Al Quran Here / Cari Al Quran di sini

http://www.quranexplorer.com/quran/

Search This Blog

AlQuran

AlQuran
Tafsir Per Kata

Monday, April 30, 2018

Tafsir singkat Surah: Al-Inshirah ﷽ Sayyidil Habib Umar Bin Hafidz, Surat al-Inshirah, Ramadhan 1436

Tafsir singkat Surah: Al-Inshirah

Sayyidil Habib Umar Bin Hafidz,

Surat al-Inshirah, Ramadhan 1436.

Allah berfirman:

ألم نشرح لك صدرك (١)

(Alam nasyrah laka sadrak)

1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

Ketika Kami mengutus Sayyidina Musa untuk menyampaikan pesan, ia meminta agar dadanya diperluas: "Ya Tuhanku perluaskan dada ku dan membuat mudah urusan ku. Namun, Kami berikan kepada mu (Sayyidina Muhammad) tanpa kamu meminta. Kami memperluas hati mu sehingga cahaya kenabian bisa masuk dan sehingga kamu mampu menyampaikan pesan kepada seluruh dunia.

Bagian dari perluasan ini adalah saat dada Nabi ﷺ dibelah, dan Ini berlangsung empat kali -

pada masa bayi ketika ia dengan Sayyidatuna Halimah,

saat ia berusia sepuluh tahun,

sebelum menjadi nabi

dan pada malam Isra Mi'raj.

Allah mengisi hati mu dengan pengetahuan dan kebijaksanaan.

Allah meningkatkan rasa toleransi dan kesabaranmu sehingga kamu dapat mengatasi kesulitan menyampaikan pesan.

Nabi ﷺ berkata: "aku telah dirugikan dan sengsara demi Allah lebih dari orang lain dan aku telah menderita rasa takut demi Allah lebih dari orang lain".

Semua kebaikan berasal dari kelapangan dada ini. Tidak ada yang bisa menerima Islam tanpa itu - Allah berfirman bahwa salah satu yang hatinya telah dibuka untuk menerima Islam telah menerima pencerahan dari-Nya. Tidak ada yang bisa memenuhi tugas mereka sepenuhnya tanpa itu. Ketika hati telah diperluas, mudah bagi seseorang untuk meninggalkan: apa yang dilarang, apa yang tidak disukai dan berlebihan; mudah baginya untuk mencapai banyak hal dalam waktu singkat dan hatinya mampu menyerap pengetahuan yang bahkan langit dan bumi tidak tahan dan kuat menanggungnya.

Nabi ﷺ mengatakan: "Ketika cahaya masuk ke hati, dada terasa sangat lapang".

Mereka bertanya: "Apakah ada tanda bahwa ini telah terjadi (cahaya masuk ke hati)?"

Nabi menjawab: "Ya: saat kalian menjauhkan diri dari tipu daya dan muslihat (dunia), ada kerinduan untuk kembali ke tempat yang abadi, dan mempersiapkan diri untuk mati sebelum ia datang."

Tak pernah ada seseorangpun yang dadanya diperluas dengan cara yang sama seperti Sayyidina Muhammad. Beliau ﷺ adalah satu-satunya manusia yang mampu melampaui segala macam Batas dan satu-satunya manusia yang dapat bertemu Tuhannya.

ووضعنا عنك وزرك (٢)

الذي أنقض ظهرك (٣)

2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

3. yang memberatkan punggungmu?

Salah satu makna dari beban ini yaitu menyampaikan pesan kepada umat manusia dan jin. Beban Lain adalah Nabi menanggung beban pikiran tentang kesalahan kesalahan yang dibuat umatnya.

Kami telah memberkati Ummat mu dengan pengampunan dimana tidak ada ummat sebelumnya diberkati seperti itu. Kami memberi mereka banyak cara untuk menghapus kesalahan mereka - seperti wudhu, shalat lima waktu, shalat jumat dan puasa Ramadhan.

Telah diriwayatkan bahwa malaikat terkejut menemukan orang-orang dari ummat ummat sebelumnya yang diselamatkan dari api sedangkan mereka menemukan ada orang-orang dari ummat ini yang belum diselamatkan.

Kami telah menghapus semua masalah dan kekhawatiran mu.

Ketika Nabi ﷺ bermohon perhatian untuk kesejahteraan umat-nya, Allah mengutus Jibril untuk mengatakan kepadanya: "Kami akan membuat kamu puas dan ridha dengan umatmu dan Kami tidak akan membiarkan hal itu menjadi sumber kesedihan bagi kamu".

ورفعنا لك ذكرك (٤)

4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

Allah berfirman: "Setiap kali NamaKu disebutkan, namamu juga akan disebutkan bersamaKu".

Di Arsy ada nama Nabi bersanding dengan nama Allah: la ilaaha ill'Allah Muhammad Rasul Allah. Di pintu surga tertulis: la ilaaha ill'Allah Muhammad Rasul Allah. Dalam adzan, nama Nabi ada dengan nama Allah. Orang yang masuk Islam harus mengatakan: la ilaaha ill'Allah Muhammad Rasul Allah. Jika seseorang melimpahkan satu sholawat pada Nabi, Allah melimpahkan sepuluh pada orang itu. Di kuburan Anda akan ditanya siapa Tuhanmu dan siapa Nabi mu.

Ummatnya akan menjadi ummat pertama yang dibangkitkan, yang pertama yang di hisab dan ditimbang dan yang pertama masuk surga. Dan Nabi

akan menjadi yang pertama untuk bersyafaat dan Adam dan Nabi lainnya akan berada di bawah benderanya.

Makna lainnya adalah bahwa dari waktu Adam sampai hari ini, hidup tidak ada yang telah dicatat secara rinci seperti kehidupan Muhammad - kata-katanya, tindakannya, karakter dan penampilannya.

فإن مع العسر يسرا (٥)

إن مع العسر يسرا (٦)

5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Pernyataan ini diulang dua kali. Ada kehalusan dalam bahasa Arab yang menunjukkan bahwa hanya ada satu kesulitan dan diulang dua kali, sedangkan ada dua jenis kemudahan dan yang kedua adalah berbeda dari yang pertama. Inilah sebabnya mengapa Nabi ﷺ mengatakan: "Satu porsi kesulitan tidak akan mengatasi dua bagian dari kemudahan" Ini adalah cara Allah untuk membuat kemudahan mengikuti kesulitan. Untuk alasan inilah mengapa orang-orang yang memiliki wawasan akan senang ketika kesusahan turun karena mereka tahu bahwa kemudahan akan mengikuti.

Kehebatan kemudahannya adalah sesuai dengan kebesaran kesengsaraan.

Nabi ﷺ bersabda pada Ibnu Abbas: "Kemenangan datang dengan kesabaran, bantuan datang dengan kesusahan dan kemudahan datang dengan kesulitan."

Pembacaan Surat Al-Insyirah adalah salah satu sarana mencari bantuan dari Allah dan cara menghapus penyempitan.

فإذا فرغت فانصب (٧)

7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

Ketika Anda menyelesaikan sholat, berdoalah, ini adalah waktu terbaik doa dijawab. Ketika Anda selesai berjihad, beribadahlah. Setiap kali Anda menyelesaikan suatu amalan, segera memulai amalan lain. Jangan buang waktu. Sayyidah `Aisyah berkata:" Nabi akan mengingat Allah di dalam setiap keadaan. Beliau selalu datang dan pergi, selalu dalam renungan, terus-menerus dalam keadaan sedih".

وإلى ربك فارغب (٨)

8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Berpalinglah hanya kepada Allah, dengan ketulusan mutlak dan memohon kepada-Nya. Ini adalah salah satu etika yang diajarkan Allah kepada Kekasih-Nya.

Semoga Allah memperluas / melapangkan dada kita sebagaimana Dia memperluas / melapangkan dada Nabi Muhammad ﷺ.

Ya Allah, angkat dan hilangkan beban kami dan tinggikan derajat kami dalam pandangan Mu.

Jangan memisahkan kami dari Kekasih Mu pada hari kiamat. Ya Allah, ingatkan beliau tentang kami, sehingga kami disebutkan di hadapan Mu!

اللّهمّ صلِّ على سيّدنا محمّدٍ وآله
وصحْبه وسلِّم
Dengar dan fahami AlQuran dalam pelbagai bahasa

http://tanzil.net/#94:1

Aamiin Allahumma Aamiin

No comments:

Post a Comment